Monday 3 January 2011

Diklat Pengembangan SDM Guru

Pada prinsipnya wujud nyata dari upaya meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar adalah dengan pemberian pendidikan dan latihan baik dalam segi kemampuan mengajar dan pemanfaatan media, khususnya pemanfaatan media komputer.
Upaya yang dilakukan pihak manajemen dalam hal ini Kepala Sekolah yang berupaya memfasilitasi guru ternyata tidak sepenuhnya disambut baik oleh seluruh guru. Dengan berbagai alasan yang memang bila dikaji secara logis adalah benar adanya seperti belum adanya fasilitas komputer yang diberikan pemerintah untuk para guru dalam pengajaran disekolah atau sebahagian guru yang sudah mendekati masa pensiun merasa tidak perlu mengembangkan diri lagi karena mereka menganggap hal tersebut hanya menambah beban semata.
Padahal dalam menyukseskan sebuah pembelajaran unsur media dapat dikatakan merupakan salah satu faktor yang menentukan, sehingga penggunaan media yang tepat akan sangat mempengaruhi berhasilnya proses pembelajaran yang dilakukan. Terkadang kesulitan atau ketidak tahuan dalam memanfaatkan komputer yang dapat dikatakan saat ini merupakan perangkat yang telah menjadi salah satu bahagian dalam setiap bidang kehidupan manusia, hendaknya sudah juga dimanfaatkan secara maksimal dalam pembelajaran di seluruh sekolah di Indonesia.

No comments: